Deta Course English dan Deta Pustaka Gelar Literasi Akhir Pekan

323

BIMA, Warta NTB – Deta English Course bekerjasama dengan Deta Pustaka menggelar kegiatan literasi (baca tulis) akhir pekan di Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Minggu 10 Desember 2017 pagi.

Kegiatan ini mengusung tema Reading Past, The Writing Future Toward Civilization (Membaca masa Lalu, Menulis Masa Depan Menuju Perabadan. Diikuti puluhan anak-anak setingkat Sekolah Dasar.

Pembina Deta English Course sekaligus Deta Pustaka, Ayu Lestari, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan memberikan spirit dan pengetahuan kepada anak melalui media membaca.

“Aktivitas membaca Ini yang harus mulai ditanamkan sejak kecil, sebagai modal anak berinteraksi dilingkungan sekolah maupun keluarga,” katanya.

Dikatakannya, dengan intensifnya kegiatan membaca kemudian menulis akan mampu meningkatkan wawasan anak serta tidak gampang hilang dalam ingatan.

“Ekspektasi (Harapan) kami dengan modal membaca dan menulis anak bisa  melakukan apa yang dinginkan atau dicita-citakan,” katanya.

Menurutnya, kegiatan Literasi yang diusung oleh pihaknya itu berbeda dengan kegiatan literasi kebanyakan lainnya. Konsepnya adalah setelah membaca siswa juga diberikan permainan game. Selain itu anak-anak juga diberikan kesempatan untuk menceritakan kembali apa yang telah dibaca.

“Tujuan ini merangsang pikiran anak, sehingga tidak membuat mereka jenuh,” katanya.

Ia menambahkan kegiatan tersebut direncanakan akan dilakukan setiap akhir pekan, hari Sabtu dan Minggu. Karena waktu tersebut anak-anak libur sekolah.

“Kami berharap ada donatur buku untuk kegiatan berikutnya. Karena bukunya masih sangat minim,” harapnya

Kegiatan itu juga turut dihadiri M. Rivaldi Pradana, anggota Polres Bima yang juga Bhabinkantibmas desa Mpili. Akhi Dirman Al Amin, Novelis Bima. Jurnalis Iqra Hardiansyah dan Eka Husni reporter TV One. (WR-02)