Danrem: Kebersamaan TNI dan Rakyat Membuat Negara Tegak

481

Bima, wartantb.com – Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa Ke-98 Tahun Anggaran 2017 Kodim 1608/Bima yang berlangsung di lapangan Desa Dadibou, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Rabu (5/4/2017) selain mendengarkan sambutan Bupati Bima, para prajurit TNI juga mendengarkan arahan Danrem.

Usai Upacara, Danrem 162/Wirabhakti Kol. (Inf) Farid Makruf dalam arahannya kepada para Perwira dan prajurit TNI mengatakan, “TMMD merupakan  kemanunggalan dengan membangun infrastruktur di lingkungan masyarakat.

Selanjutnya, Danrem mengajak seluruh elemen untuk bersatu-padu membangun daerah. “Mari rangkul dan ajak masyarakat bekerjasama karena rakyat membutuhkan perlindungan TNI. Rajut kembali kebersamaan dengan masyarakat karena inilah kekuatan TNI dan antara TNI dengan rakyat ibarat ikan dengan air,” tandas Danrem.

Melalui langkah ini lanjut Danrem, TNI dan rakyat mengenang kembali nilai-nilai kejuangan dengan melakukan pembangunan jalan dan makan bersama di rumah penduduk.Selama pembangunan infrastruktur jalan, akan dilibatkan masyarakat dan aparat.

“Nilai kerjasama dan kesatuan inilah yang membuat negara ini tegak berdiri,” jelas Farid

Berkaitan dengan pemilihan lokasi kegiatan, Danrem memaparkan, Desa Dadibou dan Risa dipilih karena kedua wilayah ini merupakan  daerah konflik yang telah menjadikan citra negatif Kabupaten Bima. Kerja keras Bupati dibantu aparat, menjadi salah satu keberhasilan pendekatan yang dilakukan aparat. Setelah memantau situasi kamtibmas yang telah kembali kondusif,  dengan bangga Dandim melapor ke Mabes TNI bahwa konflik di kedua desa telah selesai.

Sebelumnya, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti dalam sambutannya mengatakan, terkait dengan pelaksanaan tugas pokok TNI, atas nama jajaran pemerintah daerah, Bupati  menyatakan dukungan penuh atas pelaksanaan tugas-tugas TNI di daerah.

Berkenaan dengan pelaksanaan TNI-Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-98 tahun 2017, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Bima, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Komandan Kodim 1608/Bima beserta jajaran, serta kepada seluruh pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam penyelenggaraan kegiatan ini. (WR/Hum)