Coffee Morning Bersama KPU dan Bawaslu, Dandim Lotim Tegaskan Netralitas TNI

297
Sesi foto bersama usai acara coffe morning di halaman kantor KPU Lotim.

LOMBOK TIMUR, Warta NTB – Dalam rangka menjaga dan meningkatkan sinergitas untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai, tertib dan berintegritas tanpa Hoax serta politik sara dan tanpa money politik, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur menggelar morning Coffee, Senin (17/12/2018) bertempat di halaman Kantor KPU Lombok Timur.

Coffee morning dihadiri Ketua KPU Kabupaten Lotim Muhamad Saleh didampingi tiga komisioner lainnya, Komisioner Bawaslu Kabupaten Lotim, Asisten 1 Setda Kabupaten Lotim Lalu Dami Ahyani S.Sos, Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Agus Setiandar S.I.P, Kapolres Lotim diwakili Kanit Politik Satintelkam Aipda Sofyan, Ketua Pengadilan Agama Selong Ahmad Abdul Hadi SH. MH, Kadis Dukcapil Kabupaten Lotim Ir. Sateriadi MT M.Sc dan Ketua dan LO partai politik peserta Pemilu 2019.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 1615/Lotim dalam sambutannya menyampaikan, Pemilu merupakan ajang bagi peserta Pemilu baik Pileg maupun Pilpres untuk menunjukan program selama lima tahun kedepan kepada masyarakat selaku pemilih sehingga memperoleh simpati dari masyarakat.

“Terkait dengan Pilpres, masyarakat terbagi menjadi dua kubu sehingga memiliki tingkat kerawanan lebih jika dibandingkan dengan Pileg,” ujarnya.

Oleh karena itu sambung Akmil 99 tersebut, pihaknya mengajak semua pihak untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban khususnya di Kabupaten Lombok Timur dengan menghindari kampanye yang bersifat memecah belah persatuan masyarakat.

Terkait dengan Pileg dan Pilpres lanjutnya, TNI sudah dengan tegas menyatakan sikap dan akan tetap menjaga Netralitas pada Pemilihan apapun. “Netralitas TNI pada Pileg maupun Pilpres 2019 tidak bisa ditawar-tawar lagi dan akan tetap demikian dalam kontestan pemilihan apapun,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, sudah jelas TNI akan netral dan tidak perlu diragukan lagi, khusus di Lotim Keluarga Besar TNI tidak ada yang mencalonkan diri.

“Namun bila ditemukan ada oknum TNI yg disinyalir tidak netral, silahkan diinformasikan agar segera kami tindaklanjuti,” tandasnya.

Mengakhiri sambutannya, orang nomor satu di jajaran Kodim Lotim tersebut berharap, agar tidak ada permasalahan terkait dengan pelaksanaan Pileg dan Pilpres, namun jika ada agar sedapat mungkin diselesaikan secara kekeluargaan atau sesuai dengan ketentuan hukum yang ada dan menghindari  memobilisasi massa dalam penyelesaian sengketa.

Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Lotim Muhamad Saleh dalam sambutan menyampaikan, acara ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan sinergitas untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang aman dan damai sehinga tahapan Pemilu baik Pileg maupun Pilpres 2019 dapat berlangsung dengan aman dan lancar tanpa ada penyebaran berita hoax yang dapat mengganggu jalannya Pemilu. (WR)