Cita Rasa Khas Ayam Taliwang

2496
Yang membuat unik dari masakan khas Lombok yang saat ini adalah ayamnya. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang masih muda, berusia sekitar 3-4 bulan dan disajikan pereokor.

Mataram, Wartantb.com – Mengunjungi dan menikmati sebuah kota untuk berlibur tidak sah rasanya jika tidak menikmati makanan khas yang ada di kota tersebut.

Di Kota Mataram, salah satu makanan khas yang paling terkenal adalah Ayam Taliwang.

Ayam taliwang adalah masakan yang terbuat dari ayam kampung muda pilihan yang berasal dari Kampung Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranengnara, Kota Mataram.

Namun seiring berjalannya waktu masakan khas Ayam Taliwang ini kini bisa dijumpai di luar kampung asalnya.

Warung-warung atau rumah makan bahkan restoran berkelas saat ini telah banyak menyajikan makanan khas ini mudah kita temui di kota mataram.

Tidak bisa dipungkiri lagi, Ayam Taliwang sekarang telah menjadi makanan khas nusantara yang banyak dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Nusa Tenggara Barat (NTB) khususnya di Kota Mataram.

Bahkan, masakan khas Pulau Lombok ini telah merambah kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Rasanya yang unik dan lezat menjadikan masakan ini sebagai peluang bisnis untuk mendirikan rumah makan dik ota-kota besar tersebut.

Namun tidak ada yang lebih indah dan memuaskan jika kita menikmati masakan Ayam Taliwang langsung di kota asalnya.

Yang membuat unik dari masakan khas Lombok yang saat ini adalah ayamnya. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang masih muda, berusia sekitar 3-4 bulan dan disajikan pereokor.

Sajiannya pun memiliki rasa yang beragam dengan proses penyajian yang berbeda pula. Ada yang digoreng lalu dibakar, ada juga yang direbus lalu dibakar, serta ada juga yang digoreng bakar yaitu digoreng lalu dibakar secara bersamaan.

Setelah itu, ayam akan dibaluri bumbu-bumbu khas Ayam Talliwang yang tentu saja menggoda selera kita untuk segera menyantapnya.

Dalam penyajian Ayam Taliwang juga disertai dengan beberapa masakan pelengkap yang juga menjadi masakan khas pulau Lombok seperti plecing kangkung yang terkenal renyahnya, sambal beberuk yang berisikan irisan kecil kacang panjang, cabe rawit khas Lombok, terong bulat dan irisan lembut tomat.

Biasanya, sambal yang disajikan ada dua macam jeisnya. Yang pertama adalah sambal plecing dan yang kedua adalah sambal beberuk.

Kedua sambal inilah yang menambah selera makan kita, terutama dengan aroma perasan jeruk nipis yang benar-benar memanjakan lidah kita khususnya bagi pencita kuliner.

Akses dan akomodasi

Untuk mengakses wisata kuliner dan menikmati sajian Ayam Taliwang sangatlah mudah. Warung, rumah makan ataupun restoran akan sangat mudah anda jumpai merata di kota mataram.

Masing-masing tempat menyajikan rasa yang berada dengan nuansa yang berbeda pula. Mulai dari nuansa kota hingga nuansa alami perdesaan.

Bagi anda yang kebetulan ada di tengah Kota Mataram, anda tinggal menyusuri ruas-ruas jalan yang nantinya akan anda temui rumah makan yang menyajikan masakan Ayam Taliwang.

Namun bila anda ingin menikmati lezatnya Ayam Taliwang dengan nuansa alami perdesaan, anda bis a juga menyisir pinggir Kota Mataram.

Di wilayah pinggir Kota Mataram, banyak lesehan atau rumah makan yang menyajikan makanan ini dengan nuansa alami.

Anda bisa menikmatinya sambal menikmati hijaunya hamparan persawahan, memberi makan ikan-ikan yang ada dikolam dan tentu saja sangat jauh dari bisingnya hiru pikuk perkotaan. (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram).