Ciptakan Pilkada Damai, Kapolres Dompu Silaturahmi ke Tiga Bacabu Dompu

231
Kunjungan Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK bersama rombongan di rumah Bacabu Arifudin, SH.

DOMPU, Warta NTB – Menyongsong pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 khususnya di wilayah Kabupaten Dompu, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK gencar melakukan silaturahmi ke beberapa pihak terkait.

Setelah beberapa waktu yang lalu melakukan kunjungan ke lembaga penyelenggara pemilu seperti Bawaslu dan KPU Kabupaten Dompu. Kali ini Kapolres dan jajaran kembali melakukan silaturahmi ke beberapa rumah Bakal Calon Bupati (Bacabu) yang akan berkontestasi dalam Pilkada Kabupaten Dompu tahun 2020.

Kapolres  Dompu AKBP Syarif Hidayat melalui PAUR Subbag Humas  Polres Dompu  Aiptu Hujaifah mengatakan, dalam setiap kunjungan di kediaman Bacabu, Kapolres dan rombongan selalu didampingi Kasat Intel Polres Dompu Iptu Makrus, S.Sos.

“Kunjungan yang dilakukan Kapolres, selain untuk bersilaturahmi juga  untuk  membahas hal-hal strategis terkait Pilkada Dompu tahun 2020 seperti bagaimana menciptakan pilkada yang  damai, aman, tertib dan sejuk,”  katanya.

Hujaifah menjelaskan, adapun beberapa kunjungan yang telah dilakukan Kapolres selama tiga hari terakhir, kunjungan pertama, Rabu (10/6/2020) dilakukan di kediaman Bacabu Kader Jaelani di Lingkungan Sawete Barat, Kelurahan Bali Satu, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu.

“Dalam  kunjungan itu, Kapolres Dompu bersama rombongan disambut hangat Bacabu Kader Jaelani bersama Tim Suksesnya.,”  terang Hujaifah.

Selanjutnya pada hari Kamis (11/6/2020), Kapolres Dompu  dan rombongan didampingi Kasat Intel melakukan silaturahmi ke Bacabu Ir. Muhammad Ruslan di Hotel Samada, jalan Gajah Mada No 18, Kelurahan Bada, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu yang juga ditemani oleh tim suksesnya.

Sementara di hari ketiga, Jumat (12/6/2020), Kapolres Dompu  dan rombongan didampingi Kasat Intel melakukan silaturahmi di  kediaman Bacabu Arifuddin, SH yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Dompu di kediaman, rumah dinasnnya di Jalan Lele, No 04,  Kecamatan Dompu.

Hujaifah menerangkan, dalam kunjungan silaturahminya di ketiga Bacabu, ada beberapa hal yang dibahas, Kapolres meminta kepada para Bacabu untuk kerjasamanya dalam hal menciptakan kondisi Pilkada yang aman dan kondusif serta jauh dari hal-hal yang kontra produktif.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga mengimbau kepada Bacabu dan  timses agar dalam menyampaikan visi misi  tetap dilakukan secara santun sesuai dengan rel aturan dan tidak melakukan hal-hal yang provokatif.

Untuk mewujudkan pilkada yang aman dan damai, Kapolres mengharapkan kepada Bacabu dan tim sukses untuk tetap menjalin hubungan silaturahmi yang baik dengan Bacabu dan tim sukses lainnya.

Lebih lanjut, Kapolres menekankan kepada para Bacabu agar tetap mengontrol para tim suksesnya, baik ketika berinteraksi di lingkungan sosial kemasyarakatan maupun di media sosial agar tidak menebar berita hoax yang sifatnya provokatif sehingga memicu terjadinya keributan.

“Para Bacabu diharapkan agar bisa mengontrol para tim suksesnya lebih khusus saat bermain di media sosial agar tidak memposting hujatan dan ujaran kebencian kepada calon lain karena itu akibatnya sangat fatal,” ujar Kapolres.

Sementara terkait pendaftaran di KPU, Kapolres mengimbau agar massa pendukung yang dibawa dibatasi hanya  40 orang saja, demikian juga saat debat publik. Hal itu untuk menghindari penyebaran virus corona atau Covid-19 yang saat ini sedang dilakukan penanganan oleh pemerintah.

Atas kehadiran Kapolres dan rombongan, ketiga Bacabu menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas apa yang diupayakan oleh  Kapolres demi untuk mewujudkan Pilkada Dompu yang aman dan damai.

Oleh karenanya, Bacabu bersama Tim Sukses berkomitmen penuh untuk mematuhi dan mentaati semua  peraturan yang telah ditetapkan dalam pilkada dan siap bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam hal keamanan dan ketertiban serta tetap mematuhi protokol  kesehatann Covid-19 dalam setiap kegiatan sesuai dengan imbauan pemerintah. (WR-02)