Cetak Generasi Beriman, Babinsa Lamuntet KSB Ngajar Ngaji Anak-anak

337
Aktivitas Sertu Khairudin mengajarkan anak-anak mengaji di Desa Lamuntet, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat.

TALIWANG, Warta NTB – Babinsa adalah prajurit garda terdepan komando kewilayahan, memiliki sejumlah kegiatan yang beraneka ragam. Sehingga tidak salah bila disematkan sebagai prajurit multi peran.

Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan parjurit yang merupakan trisula desa ini dalah kegiatan gotong royong, bhakti sosial, pertanian, kegiatan budaya, mengajar di sekolah, pramuka, mengajar mengaji, bertukang, menjaga keamanan dan sebagainya.

Sebagai salah satu upayanya untuk mecetak generasi beriman dan berakhlak serta berbudi pekerti yang baik, Babinsa Desa Lamuntet, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengajarkan anak-anak mengaji yang juga sebagai bekal mereka di masa depan.

Sertu Khairudin mengatakan, kegiatan mengajarkan ngaji kepada anak-anak dilakukan setiap sore hari di salah satu masjid di desa binaannya.

“Sebagai anggota TNI yang sehari hari bertugas menjadi Babinsa, kami merasa terpanggil untuk   memberikan sedikit pengetahuan yang kami miliki yakni mengajar mengaji kepada anak-anak di desa ini,hal ini agar membantu mereka yang tidak ikut mengaji di Taman Pendidikan Al-quran dapat mengenal dan membaca al-quran,” katanya, Rabu (15/1/2019).

Ia mengaku senang bisa mengajarkan anak-anak membaca Alquran karena menurutnya itu adalah salah satu amal ibadah yang baik dan bermanfaat dalam ajaran agama islam. Selain itu juga bermanfaat bagi anak-anak karena dengan sering belajar mereka akan semakin lancar membaca alquran.

“Saya sangat senang bisa berbagi ilmu dengan anak-anak di sini, semoga ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan mereka, terutama dalam belajar membaca Alquran,” kata Khairudin

Sementara di tempat terpisah, Dandim 1628/SB, Letkol Czi Eddy Oswaronto mengapresiasi apa yang dilakukan oleh anggotanya. Menurutnya kehadiran Babinsa harus dapat membantu meringankan setiap permasalahan sosial di tengah masyarakat dalam hal apa saja.

“Harapannya dengan kegiatan positif tersebut  dapat mengurangi beban yang dihadapi masyarakat salah satunya mengajar pengetahuan tentang agama dalam hal ini mengajarkan membaca alquran,” katanya.

Dandim juga berharap apa yang telah dilakukan oleh Babinsa Lamuntet dapat menjadi inspirasi sekaligus motivasi bagi seluruh personil Kodim 1628/SB terutama babinsa yang selalu berada ditengah tengah masyarakat agar bisa memberikan pengabdian terbaik.

“Babinsa yang ada di tengah-tengah masyarakat  agar bisa memberikan pengabdian terbaik sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di wilayah binaannya dan  jangan pernah jenuh untuk melakukan hal-hal positif ,” ujar Dandim.

Atas kegiatan yang dilakukan Babinsa, warga Desa Lamuntet juga menyampaikan ucapan terima kasih. Menurut warga, kehadiran anggota TNI  di tengah masyarakat sangat berarti dalam membantu masyarakat di desa memberikan solusi setiap permasalahan sosial yang dihadapi masyarakat sekitar. (WR)