Cegah Penyebaran DBD di Musim Hujan, Pemdes Dore Giat Bersih Lingkungan

186
Pemerintah Desa Dore bersama Penyuluh KB Kecamatan Palibelo melakukan giat gotong royong penataan dan bersih lingkungan yang dilakukan di Kampung KB Semangka Desa Dore, Jumat (6/3/2020).

BIMA, Warta NTB – Penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sangat berisiko saat ini. Sebab belakangan cuaca tak menentu dan sering hujan. Musim hujan seperti ini genangan air di saluran atau di kamar mandi beresiko menjadi tempat yang ampuh bagi jentik nyamuk pembawa penyakit DBB berkembang biak.

Maka untuk mencegah penyebaran penyakit DBD di musim hujan ini, Pemerintah Desa Dore, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima bersama Penyuluh KB Kecamatan Palibelo melakukan giat gotong royong penataan dan bersih lingkungan yang dilakukan di Kampung KB Semangka, Desa Dore, Jumat (6/3/2020).

Terlibat dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Dore Abdullah, pembina Kampung KB Amiruddin, S.Ag, perangkat desa, BPD dan warga masyarakat desa setempat.

Penyuluh KB Kecamatan Palibelo Amiruddin mengatakan, kegiatan penataan dan bersih lingkungan merupakan kegiatan rutin yang dilaksankan di Kampung KB Semangka.

“Saat ini masyarakat khawatir akan wabah penyakit DBD dan juga virus corona oleh karena itu Pemerintah Desa Dore dan pengurus Kampung KB Semangka bersama masyarakat perlu meningkatkan kebersihan lingkungan dan sekita rumah,” katanya

Untuk menghidari berbagai penyakit yang menyerang, kata Amir, masyarakat harus mampu menjaga lingkungan tetap bersih. Seperti secara rutin membersihakan rumah dan membersihkan tempat-tempat gelap yang menjadi tempat persembunyian nyamuk seperti di belakang lemari kulkas, membersihkan tempat penampungan air.

Maka untuk mecegah terjadi wabah seperti itu dibutuhkan kesadaran bersama untuk mejaga kebersihan tidak hanya pada satu rumah atau dua rumah, tetapi seluruh masyarakat yang ada dilingkungan tersebut misalnya dengan kerja bhakti dan gotong royong membersihkan lingkungan di sekitar rumah masing-masing.

“Dalam mencegah penyakit DBD, masyarakat harus membiasakan pola hidup bersih dan menjauhkan kaleng atau sampah yang dapat menampung air karena cara itu sangat efektif untuk mecegah penyakit demam berdarah,” pesannya.

Di tempat yang sama, Kades Dore Abdullah menyampaikann apresiasi dan sangat mendukung kegiatan gotong royong penataan dan pembersihan lingkungan desa yang diinisiasi oleh Penyuluh KB Kecamatan Palibelo.

“Sebagai pemerintah desa kami sangat mendukung kegiatan ini semoga bisa dilaksankan di dusun-dusun lainnnya. Saat ini program pemerintah desa juga akan melakukan normalisasi parit dan got dan perbaikan sara lain yang dianggap penting karena Desa Dore juga akan mengikuti lomba Kegiatan PKK Se-Kecamatan Palibelo di tahun 2020 ini,” katanya. (WR-Man)