Cegah Covid-19, Brigadir Agus Salim Bagikan 500 Masker Gratis ke Warga Desa Binaan

403
Brigadir Agus Salim menerima 500 lembar masker dari penjahit yang akan dia bagikan kepada warga binaanya.

DOMPU, Warta NTB – Sejak mewabahnya Virus Corona atau Covid-19 di seluruh penjuru tanah air, maka masker sebagai alat perlindungan diri sangat sulit didapatkan bahkan di pasaran, masker menjadi barang mahal dan langka.

Sebagai bentuk kepeduliannya menyikapi kelangkaan masker, Brigadir Agus Salim berinisiatif menyediakan masker bagi masyarakat di desa binaannya yakni Desa Bakajaya, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu.

Bhabinkamtibmas yang memiliki kepekaan sosial dan peduli kemanusiaan  ini langsung bergerak dengan mengunpulkan para penjahit di sekitar wilayah Dompu untuk membuat masker yang akan ia dibagikan kepada masyarakat binaannya

Brigadir Agus Salim mengaku, inisiatif itu muncul setelah mencoba mencari masker di pasaran, tetapi sulit ditemukan sehingga dengan cara swadaya dan inisiatif pribadi ia mengumpulkan para penjahit untuk membuat 500 lembar masker.

“Akibat kelangkaan masker, saya kumpulkan tukang jahit dan membeli bahan yang cocok untuk membuat masker dan kegiatan yang saya lakukan murni inisiatif pribadi untuk membantu masyarakat di desa binaan saya sebagai langkah pencegahan terhadap penyebaran virus corona,” katanya, Rabu (15/4/2020).

Pria kelahiran lombok ini menjelaskan, hingga hari ini proses pembuatan  500 lembar masker telah selesai dikerjakan oleh penjahit yang beroperasi sejak delapan hari lalu. Dan ia mengaku saat ini sudah 400 lembar masker telah dibagikan gratis kepada masyarakat di desa binaanya.

“Sampai saat ini sudah 400 lembar masker saya bagikan gratis kepada masyarakat yang diprioritaskan kepada keluarga dan warga yang baru datang dari luar daerah atau luar negeri. Hal itu untuk mencegah kemungkinan-kemungkinan yang tidak kita inginkan,” ungkapnya.

Untuk menghidari penyebaran Covid-19 di desa binaanya, Brigadir Agus Salim mengimbau kepada masyarakat agar mengikuti imbau pemerintah untuk tetap di rumah selama pandemi Covid-19 dan keluar rumah hanya apabila ada keperluan yang mendesak.

Selain itu, lanjut dia, untuk mencegah Covid-19 masyarakat diimbau sering mencuci tangan pakai sabun, menghindari keramaian, menggunakan masker saat keluar rumah dan menerapkan sosial distancing menjaga jarak dalam komunikasi sosial.

“Langkah-langkah itu dianggap ampuh mencegah penyebaran Covid-19. Semoga ujian Covid-19 di negara kita segara berlalu agar masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti biasa dan tidak was-was lagi dengan corona,” harapnya. (WR)