Bupati Lombok Timur Buka TMMD Ke-105 Kodim/1615 Lotim

368
Bupati Lombok Timur Drs. H.M Sukiman Azmy, MM membuka secara resmi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 1615/Lotim.

SELONG, Warta NTB – Bupati Lombok Timur Drs. HM. Sukiman Azmy, MM membuka secara resmi program  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019 di wilayah Kodim 1615/Lotim di lapangan Keruak, Kabupaten Lombok Timur, Selasa (9/7/2019).

Upacara pembukaan tutut dihadiri Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han, Forkopimda Lotim, para Dandim dan Kasi, Dan/Ka Satdisjan, Muspika Keruak, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat serta undangan lainnya.

Bupati Lombok Timur dalam amanatnya mengatakan, TMMD sebagai salah satu wujud Operasi Bhakti TNI yang dilaksanakan serentak di 50 Kabupaten ini menjadi salah satu upaya meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, melaksanakan kegiatan serbuan teritorial, serta mewujudkan ketahanan yang tangguh dan memelihara serta meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat secara terintegrasi yang melibatkan segenap lapisan masyarakat khususnya di lokasi sasaran.

“TMMD juga dapat dipandang sebagai upaya melestarikan nilai kemanunggalan TNI-Rakyat sebab TNI memiliki sejarah kedekatan dan kelekatan nyata dengan masyarakat, bila merujuk sejarah berdirinya TNI yang berakar dari laskar rakyat,” ujar Bupati.

Terkait dengan program fisik, Bupati menjelaskan Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi salah satu kegiatan fisik TMMD secara nyata mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Lombok Timur untuk mengurangi secara signifikan jumlah RTLH di daerah.

Selain itu Bupati Lotim juga menyampaikan beberapa sasaran non fisik untuk membangun mental melalui jiwa gotong royong, kebersamaan, jiwa nasionalisme dan patriotisme, juga terbangunnya kesadaran masyarakat dalam menjaga keutuhan NKRI.

Mengakhiri amanatnya, Bupati kelahiran Rumbuk Lombok Timur tersebut berharap agar terus dapat bersinergi menciptakan akselerasi yang baik bersama TNI dan seluruh elemen masyarakat untuk suksesnya pembangunan.

Sebelumnya, Dandim 1615/Lombok Timur Letnan Kolonel Czi Agus Prihanto Donny, S.Sos selaku Dansatgas TMMD ke-105 dalam laporanya menyampaikan, tugas operasional TMMD Ke-105 TA. 2019 yang dilaksanakan selama 30 hari di Desa Senyiur, Desa Sepit, dan di Desa Selebung Kecamatan Keruak, Lombok Timur.

Dipaparkannya, program TMMD ke 105 wilayah Kodim Lotim akan mengerjakan dua sasaran yakni sasaran fisik dan no fisik. “Untuk sasaran fisik ada tiga rencana yang akan dikerjakan yaitu rehab rumah tidak layak huni (RTLH), merehab tiga buah Musholla dan pembangunan 2 unit pos Kamling,” ungkap Dandim.

Sedangkan untuk sasaran non fisik, lanjutnya, mulai dari penyuluhan dan sosialisasi dengan melibatkan instansi terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan instansi lainnya.

Setelah pelaksanaan upacara pembukaan, Bupati bersama Danrem 162/WB dan rombongan melaksanakan peninjauan stand di sekitar lapangan dan meninjau lokasi TMMD. (WR)