Bupati Fauzan: Program Center Plan Clinic di Indonesia

402
Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid

Giri Menang, Wartantb.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kamis (10/11/2016) menggelar Sosialisasi Sinergi dan Integrasi Program Center Plan Clinic yang di selenggarakan di Aula Kantor Bupati Lombok Barat.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan yg pertama di Indonesia dan resmi dibuka oleh Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid dan dihadiri pula oleh Para Tuan Guru, Kepala SKPD beserta Jajaran, Tokoh Masyarakt dan LSM.

“Problem perencanaan pembangunan di Indonesia, daerah bahkan di dunia itu sering kali proses awal dengan finisingnya banyak bedanya. Banyak terjadi pembelokan dan ketidak sesuaian antara apa yang direncanakan di tahap awal dengan apa yang diputuskan tahap akhir,” ungkap Bupati. Dari sisi politik ini bisa pahami karena proses anggaran menyangkut pertimbangan-pertimbangan rasional,objektif dan ada juga pertimbangan politisnya. Tetapi kita akan terus berusaha untuk meminimalisir unsur politis itu dalam setiap proses perencanaan hingga sampai penetapan prioritas pembangunan itu salah satu caranya adalah dengan menyelenggarakan kegiatan seperti ini,” jelas Bupati dalam sambutannya.

Tujuan dari pelaksanaan acara ini agar tercipta kontunitas antara LPJMD, Musrenbang, dan Pembahasan KUA PPAS tidak telalu banyak penyimpangan. Selain itu juga untuk meminimalisir aspek politisnya serta untuk menjamin trasparansi sehingga tujuan pembangunan yang dilaksanakan dapat dirasakan.

“Selain itu IPM kita terus meningkat dan kemiskinan terus menurun, pengangguran menurun, dan juga kesehatan terus meningkat, tapi ada fakta lain, tingkat kemiskinan amat sangat tinggi di Kabupaten Lombok Barat bahkan di NTB pada umumnya. NTB tingkat kemiskinannya di atas rata-rata nasional, Kabupaten Lombok Barat juga tingkat Kemiskinan di atas rata-rata Provinsi NTB. Inilah yang kemudian kita melakukan kajian dan sensus kecil-kecilan,” ungkap Bupati.

Bupati menambahkan untuk kedepannya akan lebih fokus pada pembangunan di Kabupaten Lombok Barat dengan berencana membuat perbup yang akan mewajibkan hotel-hotel dan restoran untuk memakai produk lokal sehingga nantinya usaha masyarakat menjadi hidup dan lebih bermanfaat.

“Saya berkeyakinan kalau Center Plan Clinic ini berjalan baik dan mudah-mudahan tahun depan kita tingkatkan kualitas pelaksanaannya juga akan banyak orang-orang akan datang ke Kabupaten Lombok Barat untuk belajar tentang bagaimana Center Plan Clinic ini dilaksanakan dan dipraktekkan di Kabupaten Lombok Barat,” harap Bupati. (emi/humas)