Bupati dan Wakil Bupati Bima Terima Kehadiran Tim Baksos Operasi Celah Bibir dan Lelangit

532

Bima, Warta NTB – Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE dan Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer menerima kedatangan Tim Bakti Sosial (Baksos) Operasi Celah Bibir dan Lelangit yang berasal dari Rumah Sakit Port Health Center (PHC) Surabaya dan Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga Jawa Timur.

Penerimaan Tim Baksos berlangsung di Ruang Rapat RSUD Bima, Jumat (14/9/2018). Dalam pertemuan itu Bupati dan Wakil Bupati didampingi Direktur RSUD drg. H. Ihsan M.Ph dan KTU serta beberapa pejabat lingkup RSUD, dan Kabag Humaspro Setda Kabupaten Bima.

Ketua Tim Baksos Dr. drg. Ni Putu Mira Sunarta Sp BM mengatakan, Tim Baksos yang hadir terdiri dari 14 orang dokter spesialis bedah mulut, 1 orang dokter spesialis anestesi dan reanimasi serta 2 orang perawat anestesi.

“Kehadiran Tim Baksos dalam rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya yaitu Seminar Ilmiah PDGI Cabang Bima-Dompu yang diikuti oleh 40 orang dokter Gigi se-Pulau Sumbawa yang telah dilaksanakan pada tangga 11 Agustus lalu,” katanya.

Ni Putu menjelaskan, penjaringan pasien celah bibir dan lelangit telah dilakukan dokter gigi di Kabupaten Bima, Kota Bima dan Dompu sejak bulan Januari hingga Juni 2018. Selanjutnya kegiatan Screening Pasien dilaksanakan pada tanggal 27 sampai 28 Juli 2018, kemudian ditutup dengan kegiatan Operasi Celah Bibir dan Lelangit pada tanggal 13 hingga 16 September 2018.

“Keseluruhan Pasien yang terjaring sebanyak 31 orang, namun karena alasan medis, maka pasien yang akan dioperasi sebanyak 22 orang terdiri dari 15 orang berasal dari Kabupaten Bima, 5 orang dari Kota Bima dan 2 orang dari Kabupaten Dompu,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, para pasien yang akan dioperasi diberikan fasilitas pelayanan berupa penanggungan seluruh biaya operasi dan control post operasi, serta uang transport. Dalam kegiatan ini, untuk operasional panitia pelaksana didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bima melalui Bank NTB.

Mengakhiri penuturannya, Ni Putu mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian moral dan tanggung jawab profesi demi meningkatkan derajad kesehatan masyarakat dengan harapan akan memupuk rasa percaya diri bagi masyarakat yang memiliki cacat fisik khususnya penderita Celah Bibir dan Lelangit (Sumbing).

Pada kesempatan itu, Bupati Bima menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas kehadiran Tim Baksos dan berkomitmen memberikan dukungan maksimal terhadap kegiatan Baksos yang diselenggarakan oleh para dokter ini.

Menurutnya, kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan dalam upaya mereduksi masalah kesehatan masyarakat khususnya bagi para penderita Celah Bibir dan Lelangit. “Saya berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan secara berkelanjutan setiap tahun” ungkap Bupati. (WR)