Bupati Bima Terima Penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Nasional

86
Bupati Bima didampingi inovator SIMAWAR Laily Ramdani S.Stp usai menerima penghargaan sebagai TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Nasional.

JAKARTA, Warta NTB – Keberhasilan inovasi “Sentuh Perempuan dengan SIMAWAR” meraih penghargaan TOP 99 pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Nasional tahun 2019, mengantarkan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, menerima penghargaan bergengsi inovasi pelayanan publik tingkat nasional.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Syafruddin di Ballroom Hotel Gumaya Tower Semarang, Kamis (18/7/2019)

Usai menerima penghargaan, Bupati Bima didampingi inovator SIMAWAR Laily Ramdani S.Stp mengemukakan rasa bangganya dan haru menerima penghargaan tersebut.

“Pemkab Bima melalui SIMAWAR terpilih dari 3.156 proposal inovasi yang telah melewati proses seleksi yang ketat oleh Tim Independen,” ungkapnya.

Bupati Indah berharap setelah melewati tahapan presentasi, wawancara yang disusul observasi lapangan, SIMAWAR dapat mencapai 45 inovasi terbaik.

Menteri PanRB RI Syafruddin dalam sambutannya menekankan, untuk melahirkan inovasi melalui kompetisi perlu konsisten dan keberlanjutan. Oleh karenanya diberikan dana insentif daerah, untuk pemeliharaanya sekaligus memacu semangat instansi yang lain dalam menghadirkan pelayanan yang lebih baik.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku tuan rumah mengatakan bahwa untuk menciptakan inovasi, dapat melihat pengaduan dari masyarakat. “Jika ada komplain dari masyarakat kemudian direspon, maka disitulah harus berinovasi,” kata Ganjar.

Sejumlah undangan yang tampak hadir pada penganugerahan tersebut, Mendagri Tjahyo Kumolo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wakil Menteri Keuangan, Kepala LAN, pimpinan BUMN dan para penerima penghargaan inovasi pelayanan publik yang diwakili oleh Gubernur, Bupati dan Walikota.

Acara penyerahan penghargaan ini menghadirkan TOP 99 inovasi yang terdiri dari 19 inovasi dari 12 Kementerian, 19 inovasi dari 8 Pemerintah Provinsi, 21 inovasi dari 18 Pemerintah Kota dan 41 inovasi dari 27 Pemerintah Kabupaten di seluruh Indonesia. Kompetisi ini juga menempatkan 5 inovasi lembaga dan 1 inovasi BUMN. (WR)