BUMDes Tente Beri Modal Usaha Bagi Pengusaha Kecil dan Menengah

314
Kades Tente Azhar, SE didampingi Ketua Bumdes Bambang saat melakukan survei lokasi usaha calon penerima modal.

BIMA, Warta NTB – Badan Usaha Miliki Desa (BUMDes) Maja Labo Dahu, Desa Tente Kecamatan Woha, Kabupaten Bima bakal memberikan modal usaha bagi pengusaha kecil dan menengah di desa setempat.

Penyerahan modal usaha diawali dengan survei lokasi usaha calon penerima yang dilakukan oleh pengurus BUMDes didampingi Kepala Desa Tente Azhar, SE dan sejumlah kepala dusun, Kamis (13/2/2020) hadir juga dalam kegiatan tersebut Ketua BUMDes Bambang dan sekretarisnya Haidar.

Kata Azhar, BUMDes Tente saat ini juga bergerak dalam usaha jasa simpan pinjam yang diperuntukan bagi usaha bakulan dan  usaha menengah lainnya sehingga masyarakat yang ingin menambah modal usaha tidak terjerat oleh rentenir dan pinjaman koperasi  denga bunga tinggi.

“Usaha simpan pinjam ini dimanfaatkan BUMDes Tente karena melihat peluag di Desa Tente memiliki pasar besar yang mejadi pasar sentral Ibukota Kabupaten Bima. Sehigga bagi para pelaku usaha kecil dan menengah bisa memanfaatkan modal pinjaman untuk memperbesar usaha karena bunganya cukup ringan hanya tiga persen,” terangnya.

Azhar berharap, modal usaha yang diberika dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan usaha bukan digunakan untuk keperluan yang lain karena kredit macet akan menghambat perputaran pinjaman bagi warga lain yang membutuhkan modal usaha.

“Harapan kami modal yang diberika dapat dimanfaatka untuk meningkatkan usaha dan upaya ini kami lakukan untuk meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan bagi warga Desa Tente dengan meningkatnya usaha otomatis taraf ekonomi masyarakat meningkat. Jadikanya BUMDes miliki bersama dan untuk kesejahteraan bersama,” harapnya. (WR-Man)