BLT-DD Tahap Dua Disalurkan Pemerintah Desa Monta

299
Kepala Desa Monta Yusuf H. Sulaiman didampingi Sekretaris Desa Monta Gufran, S.Pd menyerahkan BLT-DD tahap dua kepada keluarga penerima manfaat di aula kantor desa setempat, Sabtu (20/6/2020).

BIMA, Warta NTB –  Sebanyak 142 Kepala Kelurga Penerima Manfaat Desa Monta, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima menerima penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap dua yang disalurkan Pemerintah Desa Monta di aula kantor desa, Sabtu (20/6/2020).

Kepala Desa Monta Yusuf H. Sulaiman didampingi Sekretaris Desa Monta Gufran, S.Pd mengatakan, saat ini pemerintah memiliki perhatian khusus terhadap masyarakat yang terkena dampak virus corona atau Covid-19.

“Pemerintah saat ini memiliki perhatian khusus terhadap warga kurang mampu dan terdampak corona dengan memprioritaskan dana desa tahun 2020 untuk penanganan corona dan jaminan sosial bagi warga yang terdampak sosial dan ekonomi akibat wabah virus corona,” katanya.

Kades dua periode ini menjelaskan, BLT-DD untuk warga desa monta memasuki tahap kedua atau bulan kedua dengan jumlah penerima sebanyak 142 keluarga penerima manfaat masih sama dengan jumlah penerima tahap satu, yakni dengan bantuan dana tunai masing-masing Rp 600 ribu, per bulan untuk satu kepala keluarga.

“Alhamdulillah BLT-DD tahap dua dapat kami salurkan kembali untuk 142 kepala keluarga. Semoga bantuan ini bermanfaat untuk meringankan beban ekonomi masyarakat selama pandemi virus corona,” harap kades murah senyum ini.

Ket Foto: Ketua BPD Desa Monta Setiawan, S.Sos secara simbolis menyerahkan BLT-DD tahap dua kepada salah satu kepala keluarga penerima manfaat.

Diungkapkan Kades, dari 944 kepala keluarga yang tercatat di Desa Monta hampir rata-rata telah mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah baik yang bersumber dari pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah daerah.  

“Dari 944 jumlah keseluruhan kepala keluarga yang ada di Desa Monta, tercatat sebanyak 741 kepala keluarga telah menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari berbagai jenis bantuan sosial pemerintah,” ungkapnya.

Adapun jumlah data penerima bantuan soasial di Desa Monta, sambung Kades,  penerima bantuan PKH sebanyak 220 kepala keluarga, BPNT Non PKH 90 kepala keluarga, BST KemenSos 131 kepala keluarga, JPS Gemilang 58 kepala keluarga, JPS Bima ramah 100 kepala keluarga dan penerima BLT-DD sebanyak 142 kepala keluarga.

“Jadi jumlah penerima bantuan sosial di Desa Monta sebanyak 741 kepala keluarga dari 944 kepala keluarga yang tercatat di Desa Monta,” ungkapnya.

Panyaluran BLT-DD tahap dua Desa Monta ini berlangsung lancar dan tertib. Turut dihadiri Ketua BPD Desa Monta Setiawan, S.Sos dan anggota, Babinsa, Bhabinkamtibmas, perangkat desa, Kadus, Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat desa setempat. (WR-Undin)