Bersih Pantai Sambut HUT Polairud, 150 Karung Sampah Diangkut dari Pantai Kalaki

205
Kegiatan gotong royong bersih pantai menyambut HUT Polairud yang ke-70 di lokasi Pantai Kalaki, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Sabtu (21/11/2020)

BIMA, Warta NTB – Menyambut Hari Ulang Tahun Polairud yang ke-70, Satuan Polairud Polres Bima melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan sampah di sepanjang Pantai Kalaki, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Sabtu (21/11/2020).

Dalam kegiatan gotong royong, Sat Polairud Polres Bima melibatkan berbagai pihak seperti Basarnas Bima, Dinas Perhubungan Bima, DKP Provinsi NTB Cabang Dinas Kelautan Bima-Dompu, Siswa-Siswi Man 1 Kota Bima, Komunitas MLN-MC3 Bima serta masyarakat sekitar.

Kasat Polairud Polres Bima Iptu Ahmad mengatakan, kegiatan bersih pantai ini merupakan kegiatan serentak tahunan dalam rangka menyambut hari jadi Polairud yang ke-70 tepatnya pada tanggal 1 Desember 2020 mendatang.

“Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mengajak masyarakat agar selalu menjaga kebersihan laut, guna kelangsungan hidup ekosistem laut demi kebutuhan hajat hidup orang banyak,” katanya.

Iptu Ahmad menuturkan, kegiatan bersih Pantai Kalaki sepanjang 500 meter yang dimulai pukul 08.30 Wita berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 150 karung. Sampah yang terkumpul terdiri dari sampah organik (degradable)  dan sampah beracun (B3).

“Sebanyak 150 karung sampah berhasil diangkut dari kegiatan ini dan sampah-sampah tersebut langsung dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Doro Belo,” tuturnya.

Kepada masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke pantai, Kasat mengingatkan agar tidak membuang sampah sembarangan karena akan percuma saja jika dilakukan gotong royong dan pembersihan pantai secara berkala jika tidak ada kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Jika kita ingin menarik wisatawan dan investor yang datang di Kabupaten Bima khususnya di bidang perairan, maka pantai dan laut haruslah bersih, indah, rapi dan tertata dengan baik,” katanya

Ditambahkannya, Pantai Kalaki adalah salah satu pantai yang menjadi kebanggan warga Kabupaten Bima, karena berada persis di pinggir jalan raya sehingga gampang diakses oleh orang yang ada di luar Bima.

“Oleh karena itu, maka patutlah kita semua menjaga kebersihan dan keindahan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan, Kasat juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam kegiatan gotong royong mulai, dari menyapu, mengangkut dan membuangnya hingga ke TPA.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut terlibat, semoga dengan adanya kegiatan ini pantai kita akan semakin bersih dan makin ramai dikunjungi serta timbul kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” ucapnya. (WR-Zal)