Berantas Kriminal, Tim Puma Polres Dompu Dibentuk

332
Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH SIK mengukuhkan Tim Puma Polres Dompu dalam upacara pengukuhan yang digelar di Mako Polres Dompu, Kamis (18/6/2020) pagi.

DOMPU, Warta NTB – Setelah  beberapa waktu yang lalu  Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, SIK MH membentuk “Tim Puma Polda NTB” kini giliran Polres Dompu membentuk Tim Puma. Tim Puma adalah tim handal dan tangguh  dalam memberantas dan menekan angka kriminalitas.

Pembentukan dan pengukuhan Tim Puma dilaksanakan dalam upacara pengukuhan yang dipimpin langsung Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH SIK di lapangan apel Mako Polres Dompu, Kamis (18/6/2020) pagi.

Kapolres AKBP Syarif Hidayat mengatakan, pembentukan Tim Puma dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kepolisian terhadap masyarakat serta untuk menekan angka kriminal di wilayah Kabupaten Dompu karena mengingat gangguan kamtibmas bisa terjadi kapan saja.

“Tim Puma yang dibentuk akan dijadikan tim handal dan tangguh dalam menanggulangi segala bentuk gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polres Dompu,” katanya.

Sementara untuk menujang tugas Tim Puma, Kapolres akan memberikan fasilatas penunjang seperti kendaraan roda dua dan roda empat. “Untuk menunjang tugas Tim Puma di lapangan, maka saya akan menfasilitasinya dengan fasilitas kendaraan roda dua dan roda empatl,” ungkap  Kapolres.

Kapolres menjelaskan, seiring perkembangan situasi yang berkembang, maka dipandang perlu untuk membentuk tim handal yang akan bertugas untuk memberantas tindak pidana, seperti ancaman teror bom, perampokan, Curat, Curas, Curanmor, premanisme, perjudian, pembajakan, pembunuhan dan tindak pidana lainnya.

“Kehadiran Tim Puma ini akan menjawab harapan masyarakat sebagai tim khusus yang akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat kerena kenyamanan dan keamanan masyarakat adalah tujuan besar kepolisian,” ujarnya.

AKBP Syarif Hidayat menerangkan, perekrutan anggota yang menjadi tim dilakukan melalui proses seleksi yang ketat dan dipilih personel yang terlatih, kuat, trengginas atau terampil serta memiliki tanggung jawab tinggi dan berani dalam segala situasi.

“Selain dari tugas pokoknya, Tim Puma juga disiapkan untuk melakukan pengamanan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Dompu dan Tim ini juga akan bersinergi dengan Satuan Fungsi lainnya untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman damai dan nyaman,” tuturnya.

Dengan dibentuknya Tim Puma, Kapolres berharap Polri akan semakin maksimal dalam mengayomi dan menjaga stabilitas keamanan sehingga tindak pidana dapat ditekan serta mendapat kepercayaan dari masyarakat.

“Semoga dengan dibentuknya Tim Puma akan semakin meningkatkan kepercayaan  masyarakat terhadap polri dalam memberikan perlindungan dan keamanan bagi masyarakat,” harapnya.

Upacara pengukuhan juga dihadiri Wakapolres Dompu Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, SH, PJU Polres Dompu, satu peleton Korps Sabhara, satu peleton gabungan staf polres, satu peleton Sat Intelkam, satu peleton Sat Reskrim dan satu peleton Sat Resnorkoba. (WR-02)