Bela Palestina, Ribuan Umat Muslim Bima Turun ke Jalan

682

KOTA BIMA, Warta NTB – Ribuan umat Islam Bima menggelar aksi damai bela Palestina dan Al-Aqsa, Jumat (15/12/2017). Aksi damai yang digagas Forum Umat Islam (FUI) Bima ini mendapat dukungan penuh Pemerintah Kota Bima.

Aksi damai diawali dengan sholat Jumat bersama di Masjid Agung Al-Muwahiddin, dilanjutkan dengan orasi dan long march sepanjang jalan Soekarno – Hatta dan jalan Gajah Mada Kota Bima.

Hadir mendukung kegiatan tersebut, Kapolres Bima Kota AKBP Made Bagus Winarta, SIK, Ketua MUI Kota Bima Drs. H. M. Saleh Ismail, Ketua MUI Kabupaten Bima H. Abdul Harim Haris, Staf Ahli Walikota Syafruddin Jafar, SH, Asisten I Setda Kota Bima Drs. A. Farid, M.Si, Asisten III Setda Kota Bima Drs. H. Mukhtar, MH, dan Ketua FUI Kota Bima Ust. Asikin.

Sepekan sudah dunia digemparkan dengan kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel hingga menimbulkan suara penolakan di dunia internasional.

“Insiden ini tidak bisa kita sikapi hanya dengan berdiam diri. Umat muslim harus bersatu padu. Itulah yang sedang kita lakukan hari ini. Sesungguhnya kita datang di tempat ini tidak ada niat yang lain-lain, Insha Allah lillahi ta’ala untuk ibadah dan saling bergandeng tangan bersatu, bersama-sama untuk membela Palestina dan Al-Quds,” kata Staf Ahli Walikota Syafruddin Jafar, SH.

Dikatakan, Masjid Al-Aqsa merupakan simbol terpenting peradaban umat Islam. Masjid ini merupakan kiblat pertama umat Islam. Masjid ini juga disebut dalam Al-Quran sebagai tempat di mana Nabi Muhammad SAW memulai perjalanan mi’raj untuk menerima kewajiban shalat sehari semalam lima waktu bagi umat Islam.

“Sebab itu, sangat layak dan bahkan merupakan kewajiban bagi setiap muslim untuk peduli pada kemuliaan Al-Aqsa,” tandasnya.

Mewakili Pemerintah Kota Bima,
Syafruddin Jafar, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Forum Umat Islam yang menggerakkan ummat untuk melakukan aksi damai membela Palestina.

“Saya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada aparat keamanan yang mengawal pelaksanaan aksi ini,” katnya.

Meski diiringi hujan, aksi solidaridas muslim Bima ini berjalan lancar dan tertib dari awal hingga akhir kegiatan. (WR-02)