Bantu Petani, Personel Polsek Monta Gotong Royong Bersama Warga Gali Saluran Irigasi

212
Gotong royong yang dilakukan jajaran Polsek Monta bersama petani Desa Sie, Kecamatan Monta, Kebupaten Bima, Kamis (10/10/2019).

BIMA, Warta NTB – Menyusul keluhan petani terhadap danggkalnya saluran irigasi yang tertutup tanah dan lumpur, personel Polsek Monta yang dipimpin langsung Kapolsek Monta Iptu Takim melakukan gotong royong bersama masyarakat Desa Sie, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima membersihkan saluran irigasi mampet.

Kegiatan gotong royong yang dilakukan di lahan pertanian So Sie yang berada di pinggir jalan ekonomi Desa Sie menuju Desa Simpasai Kecamatan Monta yang dimulai pukul 08.00 Wita Kamis (10/10/2019) pagi, dihadiri Kasubsektor Wilamaci Aiptu Syahril bersama anggota, personel Polsek Monta, Kasi Trantib Pemerintah Monta beserta anggota, warga masyarakat dan juga dihadiri Pegawai Dinas PUPR Kabupaten Bima.

Kapolsek Monta yang ditemui di lokasi mengatakan, kegiatan gotong royong dilakukan untuk membantu petani mengatasi tersumbatnya saluran irigasi yang tertutup lumpur dan tahan karena itu petani mengeluh saluran irigasi yang ada tidak bisa lagi digunakan untuk mengairi lahan pertanian mereka.

Setelah mendapat informasi dari perwakilan ketua kelompok tani, kami mengatur jadwan untuk bergotong royong membersihkan dan menggali saluran irigasi yang tertutup tanah dan lumpur.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan lancar, semua yang hadir ikut terlibat bergotong royong dan bahu membahu membersihkan saluran irigasi menggunakan cangkul dan sekop,” katanya.

Kegiatan gotong royong membersihkan saluran irigasi sepanjang tiga kilometer tersebut berakhir sekitar pukul 11.00 Wita.

“Setelah dilakukan gotong royong, kini lahan pertanian yang dangkal dan tersumbat sudah dapat digunakan kembali oleh petani untuk mengairi lahan mereka,” ungkapnya.

Kapolsek berharap dengan kegiatan ini dapat mempererat hubungan silaturahmi antara Polri dengan masyarakat karena kegiatan gotong royong juga merupakan budaya bangsa  yang harus dipertahankan.

“Semoga apa yang kami lakukan bermanfaat untuk masyarakat lebih khusus bagi petani. Selain di Desa Sie kegiatan amal bhakti Polri juga tetap dilakukan di beberapa wilayah di Kabupaten Bima berupa santunan dan pengeboran air untuk masyarakat yang diberikan oleh Kapolres Bima Bapak Bagus S. Wibowo,” katanya.

Selain itu, di tempat yang sama salah satu ketua Gapoktan Desa Sie Drs. H. Abdul Malik menyampaikan ucapakan terimaksih kepada pihak terkait lebih khusus jajaran Polsek Monta yang telah ikut kegiatan gotong royong untuk membantu petani.

“Terimakasih atas bantuan semua pihak sehingga apa yang menjadi keluhan petani selama ini dapat teratasi. Kami juga berharap kegiatan semacam ini dapat dilakukan secara berkala sehingga bisa memotivasi masyarakat yang lain untuk ikut bergotong royong,” harapnya. (WR)