Atraksi Budaya dan Parade Bakar Ikan Meriahkan Festival Teluk Bima

317
Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer saat meninjau stand dan mencicipi menu ikan bakar yang dibuat oleh salah satu peserta.

BIMA, Warta NTB – Festival Teluk Bima yang diselenggarakan pemerintah Kabupaten Bima di Taman Wisata Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Minggu (7/7/2019) juga dimeriahakan dengan atraksi budaya dan bakar ikan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Drs. Dahlan mengatakan, Setelah pawai budaya yang berlangsung tanggal 4 Juli kemarin, Festival Budaya Teluk Bima menjadi salah satu event yang dinantikan masyarakat dalam memeriahkan hari jadi Bima ke-379 tahun ini.

“Parade bakar ikan ini merupakan kolaborasi Dinas Pariwisata, Dinas Kelautan dan Perikanan dan Badan Kesatuan Bangsa & Politik Kabupaten Bima,” katanya.

Dahlan menjelaskan, acara bakar ikan bandeng yang dimulai pukul 14.00 Wita mengawali rangkaian Festival Budaya Teluk Bima pada kesempatan yang sama juga akan ditampilkan enam jenis atraksi kesenian yaitu tarian massal dan drama kolosal

“Kesenian yang ditampilkan yakni “Kembalinya Sang Putra Mahkota”, Kalero dan Gentao. Kemudian atraksi lainnya adalah Rawa Mbojo dan Kareku Kandei yang berlangsung hingga malam hari,” terangnya.

Kadis menuturkan, salam event bakar bandeng para peserta menyiapkan sendiri alat panggang dan ikan bandeng dan wajib mengenakan sanggentu tembe/rimpu bagi wanita dan Katente tembe/sambolo/songko roo ta’a dan saremba tembe nggoli bagi pria.

“Setelah dinilai oleh tim juri ikan yang dibakar akan dikonsumsi sendiri oleh peserta dan bagia para pemenang akan diberikan hadiah oleh panitia, selain itu para pengunjung juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah door prize,” tuturnya. (WR)