Atasi Kekurangan Air Bersih, Bhabinkamtibmas Nangakara Pasang Pipa Bersama Warga

170
Kegiatan gotong royong pemasangan pipa air bersih yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Nangakara Bripka Paulino Da Costa bersama masyarakat, Minggu (15/11/2020).

DOMPU, Warta NTB – Untuk mengatasi kekurangan air bersih bagi warga dua dusun di Desa Nangakara, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Bhabinkamtibmas Desa Nangakara Bripka Paulino Da Costa melakukan gotong royong pemasangan pipa air bersih di Dusun Madia dan Dusun Mandiri, Desa Nangakara, Minggu (15/11/2020).

Kegiatan gotong royong  yang dimulai Minggu pagi ini dilakukan bersama masyarakat dan pemerintah desa setempat. Dengan semangat gotong royong dan kebersamaan akhirnya pemasangan jalur pipa sepanjang 5 kilometer untuk kebutuhan air bersih warga Dusun Madia dan Dusun Mandiri dapat terlaksana dengan baik.

Bripka Paulino Da Costa di sela kegiatannya mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah selain untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarak dua dusun, kegiatan ini juga bermanfaat untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta saling tenggang rasa antara warga masyarakat.

“Air bersih adalah sumber kebutuhan utama bagi kehidupan, jadi untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat, hari ini kami melakukan gotong royong melakukan pemasangan pipi sepanjang 5 kilometer untuk kebutuhan air bersih warga Dusun Madia dan Dusun Mandiri,” ujarnya.

Mantan pasukan elit Kesatuan Brimob ini juga tidak lupa memberikan imabaun kamtibmas kepada masyarakat seperti pola hidup bersih dan sehat selama masa pandemi virus corona dan ia juga mengimbau masyarak agar tetap menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif agar tercipta tatanan kehidupan masyarakat yang aman, damai dan harmonis.

“Kami sebagai Bhabinkamtibmas wajib untuk menciptakan rasa aman dan tertib untuk kepentingan masyarakat banyak. Kami juga tetap menghimbau kepada warga untuk patuh terhadap protokol Covid-19 dengan tetap menggunakan masker, mengurangi kegiatan berkerumun, dan menjaga kebersihan,” katanya.

Dia berharap dengan pemasangan pipa air bersih ini masyarakat dapat merasakan manfaatnya dan ia juga meminta kepada masyarakat setempat agar pipa yang telah dipasang dapat dipelihara dan dijaga bersama demi untuk kemaslahatan bersama.

“Mudah-mudahan pipa yang telah terpasang ini dapat dijaga dan dirawat dengan baik, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam waktu yang cukup lama,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Irianto mengatakan, gotong royong adalah cara atau pola masyarakat dalam mengerjakan sesuatu kegiatan secara bersama-sama yang dilakukan tanpa pamrih atas dasar saling tenggang rasa dan saling memiliki antara yang satu dengan yang lainnya.

Kepala Desa juga menyampaikan, dalam melaksanakan kegiatan yang menjadi kebutuhan bersama, warga di desanya selalu terbiasa dengan kegiatan gotong rotong dan menjadi budaya masyarakat setempat dan dalam kegiatannya selalu melibatkan unsur terkait seperti Bhabinkamtibma, Babinsa dan Pemerintah Desa.

“Bhabinkamtibmas selalu hadir mendampingi setiap apa saja kegiatan kami, meskipun tanpa kami informasikan terlebih dahulu. Semoga dengan gotong royong pemasangan pipa air bersih hari ini, masyarakat dua dusun dapat merasakan manfaatnya,” tandasnya. (WR-02)