Aplikasi SIMAWAR Masuk Top 45 Inovasi Nasional, Bupati Bima Ucapkan Syukur

151

BIMA, Warta NTB – Perjalanan aplikasi sentuh perempuan dengan SIMAWAR Kabupaten Bima yang mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tingkat nasional tahun 2019 berhasil masuk jajaran top 45.

SIMAWAR adalah aplikasi inovasi yang digagas untuk memudahkan akses perempuan terhadap layanàn penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak yang selama ini dilakukan secara konvensional, memungkinkan penanganan secara cepat dan murah.

Keberhasilan ini diketahui berdasarkan siaran pers Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Rabu (14/08) di Kantor Kementerian PANRB.

“Selamat untuk instansi yang sudah masuk Top 45. Semoga inovasi ini dapat terus berlanjut,” ujar Menteri Syafruddin saat mengumumkan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019 di Kantor Kementerian PANRB, Rabu (14/8/2019).

Mantan Wakapolri tersebut mengatakan, Proses seleksi Top 45 dilakukan oleh Tim Panel Independen dan Tim Evaluasi sementara penentuannya dilakukan oleh Tim Panel Independen.

Posisi Top ini akan dikirim ke PBB untuk dilombakan pada kompetisi tingkat dunia yaitu United Public Service Award (UNPSA) yang diselenggarakan PBB.

“Bagi pemerintah daerah yang inovasinya terpilih sebagai Top 45 akan mendapatkan alokasi Dana Insentif Daerah (DID). Pemberian DID ini telah dilakukan sejak tahun anggaran 2018,” jelas Menteri.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE yang mendapat informasi prestasi tersebut meyampaikan sara syukur karena inovasi SIMAWAR Kabupaten Bima telah masuk Top 45 inovasi Nasional.

“Alhamdulillah, keberhasilan aplikasi Sentuh Perempuan dengan SIMAWAR menembus Top 45 diharapkan, bisa menjadi motivasi dan memacu para ASN untuk lebih mengoptimalkan kompetensi agar mampu memanfaatkan teknologi Informatika untuk mengoptimalkan pelayanan publik di semua sektor,” ungkapnya.

Hal ini kata Bupati, penting mengingat kedepan salah satu tantangan dalam percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik adalah perlunya profil SDM Aparatur yang memiliki kompetensi yang memadai.

“Prestasi ini merupakan hadiah Hari Jadi Ke-379 Bima yang tahun mengambil tema Berkarya Inovatif Wujudkan Bima RAMAH,” ucapnya..

Bupati secara khusus menyampaikan apresiasi atas kerja keras Tim Pengelola Aplikasi SIMAWAR dan Tim Pengelola Pengaduan Masyarakat sehingga prestasi tersebut dapat diraih setelah melalui perjuangan keras dan koordinasi intensif.

Sebagai informasi, yang masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019 terdiri dari 8 kementerian dengan 9 inovasi, 4 lembaga sebanyak 4 inovasi, 5 provinsi dengan 5 inovasi, 16 kabupaten dengan 17 inovasi, 9 kota sebanyak 9 inovasi, dan 1 BUMN dengan 1 inovasi. (WR-Man)