Adi, Si Pelopor Daur Ulang Sampah Plastik Dinilai Tim Pemuda Pelopor Prov NTB

283
Adi Sofian mempresentasikan tentang kegiatan kepeloporan yang ia lakukan dihadapan dewan juri penilai pemuda pelopor tingkat Provinsi NTB.

BIMA, Warta NTB – Dianggap mampu menjadikan masalah sebagai solusi dengan mempelopori gerakan daur ulang sampah plastik menjadi barang bermanfaat dan peluang usaha, Adi Sofian, S.Kep, Ners menjadi salah satu pemuda dari tiga pemuda Kabupaten Bima yang mewakili seleksi Pemuda Pelopor tingkat Provinsi NTB.

Tim penilai seleksi Pemuda Pelopor Provinsi NTB melakukan penilaian terhadap pemuda asal Desa Belo, Kecamatan Palibelo ini dengan mendatangi langsung kediamannya yang menjadi lokasi daur ulang sampah plastik, Kamis (1/8/2019). Adi dinilai sebagai Pemuda Pelopor dalam Bidang Lingkungan dan Pariwisata.

Hadir bersama dewan juri antara lain Drs. H. Zainuddin MM Kabag SDA/Kesra Kabupaten Bima, Camat Palibelo diwakili Sekcam Nuraini, S.Sos, Kades Belo Irwan, SE, dan perwakilan dari Puskesmas Palibelo.

Sebagaimana diketahui, seleksi pemuda pelopor merupakan program rutin tahunan dari Kememtrian Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Program ini diperuntukkan bagi pemuda berumur 16-30 tahun. Pemuda yang memiliki potensi berkesempatan untuk menunjukan kepeloporannya pada salah satu bidang dari beberapa bidang yang diseleksi.

Dihadapan dewan juri Adi memaparkan inovasi yang dilakukan  bersama para pemuda Desa Belo yakni mendaur ulang sampah botol plastik mejadi barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomis sebagai penghasilan tambahan bagi anggota komunitas.

“Dengan adanya kegiatan ini, menjadi salah satu indikator telah banyak masyarakat yang teredukasi tentang pemanfaatan sampah. Hal ini bisa dilihat dari kondisi sampah, sebelum dan sesudah pengolahan sampah plastik yang kami lakukan,” katanya.

Pemuda yang juga menjadi pengurus komunitas Coco Bola Belo ini menjelaskan, pemanfaatan sampah botol plastik yaitu dengan mendaur ulang sampah tersebut menjadi barang bermanfaat, seperti membuat bank sampah dari botol plastik, pot bunga, dompet, wadah aksesoris, tempat pensil dan berbagai macam pernak-pernik lainnya yang dapat dijual dan menjadi tambahan penghasilan.

Selain memberikan presentasi tentang materi kepeloporan yang dilakukan, pada kesempatan itu pemuda pelopor asal Desa Belo ini juga menjawab berbagai pertanyaan Tim juri terkait kegiatan  kepeloporan yang ia lakukan.

Pada kesempatan yang saman  Kabag SDA H. Zainuddin menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Bima sendiri mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh saudara Adi dan komunitas Coco Bola Belo.

“Selain dapat menginspirasi para pemuda lainnya, Adi sendiri diharapkan bisa mewakili Kabupaten Bima dan Provinsi NTB sebagai Pemuda Pelopor di kancah Nasional,” harapnya.

Sementara Pj Kepala Desa Belo Irwan, SE mengatakan, sangat merasa bangga memiliki generasi kreatif dan berpikir positif  di desa yang dipimpinnya.

“Kami selaku pemerintah desa akan selalu mensupport kegiatan positif yang dilakukan oleh kaum muda Desa Belo melalui program pemberdayaan yang  ada di desa,” pungkasnya. (WR-Man)