50 Warga Bima Korban Konflik Wamena Tiba di Bima dengan Selamat

322
Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE bersama pihak terkait dan jajaran pemerintah Kabupaten Bima menyambut kedatang warga Bima di Bandara SMS Bima.

BIMA, Warta NTB – Sebanyak 50 orang warga Kabupaten Bima yang terdampak konflik Wamena Papua tiba di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin (SMS) Bima dengan selamat, Minggu (6/10/2019).

Sebanyak 50 orang warga tersebut diterbangkan dari Bandara Sentani Jayapura via Makassar pada Minggu pagi dan tiba di Bandara SMS Bima sekitar pukul 14.37 Wita Minggu siang menggunakan pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan 1869.

Kehadiran warga Bima di bandara disambut langsung Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE bersama Kepala Dinas Sosial Drs. Andi Sirajudin, M.AP beserta jajaran pemerintah Kabupaten Bima.

Setelah tiba bandara para warga Bima ini langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan guna memastikan kondisi kesehatan mereka untuk dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bima menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT karena 50 warga Bima terdampak konflik Wamena telah tiba di Kabupaten Bima dengan aman dan selamat.

Bupati Bima menyampaikan pesan agar peristiwa yang terjadi dapat dijadikan pengalaman yang berharga dan dapat dipetik hikmah dari peristawa yang terjadi.

“Mari kita hadapi cobaan ini dengan sabar dan tawakkal dan menjadikan semua itu sebagai pengalaman berharga yang dapat kita petik hikmahnya untuk menata masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Agar anak-anak terdampak konflik Wamena tetap dapat melanjutnya pendikakannya, Bupati  Bima menginstruksikan OPD terkait seperti Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima agar segera mendata anak-anak warga terdampak konflik Wamena.

“Segera lakukan pendataan agar anak-anak bisa melanjutkan pendidikannya di sekolah terdekat sesuai dengan alamat masing-masing,” katanya.

Sementara, terkait administrasi kependudukan warga, Bupati meminta Disdukcapil agar memfasilitasi pengurusan Adminduk warga terdampak konflik, sedangkan terkait masalah kesehatan, Bupati menginstruksikan Dinas Kesehatan warga setelah sampai di kediaman masing-masing.

“Untuk Dinas Sosial pastikan 50 warga yang terdampak konflik sampai ke rumah masing-masing sesuai alamat dengan aman dan selamat,” tegas Bupati.

Usai acara penyambutan yang diwarnai rasa haru dan ucapan terimakasih di ruang VIP bandara, kegiatan dilanjukan dengan mengatarkan rombongan ke kampung halaman masing-masing menggunakan mobil yang telah disipakan Pemerintah Kabupaten Bima bersama pihak terkait lainnya. (WR-Man)