Jokowi Resmikan Pasar Ama Hami

931
Foto: Kompas.com

Bima Kota, Wartantb.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyempatkan diri berfoto selfi dengan seorang pedagang Pasar Amma Hami, Nurjannah. Nurjannah merupakan seorang pedagang tomat yang memiliki lapak dagang di Pasar Amma Hami, yang berlokasi di keluaran Dara Kecataman Rasanae Barat Kota Bima. Kesempatan tersebut didapat Nurjannah saat diminta ke depan podium oleh Jokowi.

Saat itu, Nurjannah ditanya terkait aktivitas dagangnya di Amma Hammi. Hal itu, terjadi saat Jokowi meresmikan Pasar Tradisional Amma Hami di Kota Bima, Jum’at (29/04/2016). Saat itu, Orang nomor satu di Indonesia tersebut  didampingi Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, Wakil Ketua MK dan sejumlah menteri kabinet kerja dan pejabat negara lainnya.

Presiden Jokowi tiba di Bandara Sultan Salahuddin Bima tepat pukul 12.15 dengan menumpangi pesawat Angkatan Udara CN 295.Di bandara, Jokowi, Gubernur NTB dan sejumlah rombongan pejabat negara disambut Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri, Wakil Bupati Bima Drs. H. M. Dahlan dan sejumlah pejabat.

Untuk Kabupaten Bima, Presiden Jokowi hanya malakukan sholat Jum’at di Masjid Al Hidayah Desa Talabiu Kecamatan Woha. Sementara di Kota Bima, Jokowi meresmikan pasar Tradisional Amma Hami.

Selama kunjungan tersebut, Jokowi mendapat pengawalan ketat dari pihak keamanan. Ratusan personil TNI/Polri melakukan penjagaan di sejumlah titik yang dilalui Jokowi.

Di pasar Amma Hami, ribuan masyarakat memadati wilayah sekitar pasar, menunggu kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Masyarakat begitu antusias ingin melihat langsung presiden yang diusung PDI tersebut. Panasnya terik matahari saat itu tidak menyurutkan niat masyarakat Bima menyaksikan kunjungan pertama jokowi ke tanah Bima tersebut.

Jokowi tiba di lokasi peresmian pasar sekitar 13. 40 wita. Duduk paling depan di mobil anti bom tersebut, jokowi melambaikan tangan sambil melempar senyum kepada ribuan masyarakat yang hadir.

Jokowi menyampaikan pasar tradisional tidak boleh kalah dengan mall yang bersih, tidak becek, tidak bau dan memiliki penataan barang dagangan yang baik. Jangan sampai pasarnya masih baru, mamun sampahnya banyak

“Tadi saya dibisiki Pak Walikota, pak ini pasarnya masih kurang, masih ada 500 pedagang yang belum tertampung, tadi saya langsung perintahkan menteri perdagangan untuk tamabahin pasarnya biar semua bisa masuk,” ungkap Jokowi disambut tepuk tangan ribuan masyarakat yang hadir.

Karena itu, Jokowi berharap pasar tradisional Ammah Hami menjadi contoh swapasar pasar yang bersih, tidak bau, tidak becek dan rapi penataan barang dagangannya.

“Tahun depan saya lihat, saya akan ke sini lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur NTB menyapaikan kekagetannya atas kunjungan kerja Jokowi tersebut yang begitu tiba-tiba. Namun orang nomor satu di NTB tersebut menyampaikan kesyukurannya atas kejutan-kejutan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi bagi Nusa Tenggara Barat.

“Dulu pada saat pertama kali kumjungan kerja pada tahun 2015, beliau datang ke Mandalika, pada kesempata itu beliau sampaikan komitmen beliau untuk mandalika, sekarang Mandalika sudah terwujud, alhamdulillah. Kemarin waktu Hari Pers Nasional, beliau membedikan hadiah-hadiah, ada infrastruktur yang diperintahkan langsung ke menteri PU, dan sekarang sedang berproses Bapak Presiden, sekarang beliau datang ke Amma Hami, alhamdulillah” jelas Gubernur saat itu.

Selain itu, Gubernur menyampaikan sejarah kunjungan pemimpin bangsa ke Bima. Pada tahun 1933, ketika Bung Karno pada masa pengasingan ke Ende, bung Karno menyampatkan diri menginap di kesultanan Bima. Kemudian setelah menjadi pemimpin bangsa, pada tahun 1950 Bung karno kembali datang ke Bima. Kemudian pada tahun 1982, Presiden Soeharta berkunjung ke Desa Roi Kabupaten Bima untuk melaksanakan panen raya Gogo Ranca. Selanjutnya pada tahun 2005, Presiden SBY berkunjung ke Kabupaten Bima, untuk meresmikan Dam Pela Parado. Bulan April 2006, terakhir presiden berkunjungn ke Bima

“Sepuluh tahun setelah itu, tanpa disangka-sangka Presiden Jokowi berkunjung ke Bima, alhamdulilla. Maka kita jawab kunjungan beliau dengan membangun Kota dan Kabupaten Bima,” ungkap Gubernur.

Setelah peresmian, Jokowi, Gubernur dan sejumlah manteri dan pejabat negara meninjau langsung keadaan pasar Amma Hami sebelum bertolak ke BIL.

Humas dan Protokol Setda. Prov. NTB