115 Penerima Manfaat Desa Waro Terima Penyaluran BLT-DD Tahap Satu

435
Kepala Desa Waro Muhammad Ali, SH menyerahkan BLT-DD tahap satu kepada penerima manfaat di aula kantor desa setempat, Jumat (29/5/2020).

BIMA, Warta NTB – Setelah melewati proses verifikasi, validasi dan finalisasi data penerima manfaat. Pemerintah Desa Waro, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Jumat (29/5/2020) menyalurkan Bantuan Tunai Langsung Dana Desa (BLT-DD) tahap satu kepada 115 penerima manfaat di desa setempat.

Penyaluran yang berlangsung di aula kantor Desa Waro dihadiri langsung  Kepala Desa Muhammad Ali, SH, Sekretaris Desa M. Irsadal Alfajri, S.Pd, perangkat desa, BPD, Tim Gugus Tugas Covid-19, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan masyarakat penerima manfaat.

Kapala Desa Muhammad Ali mengatakan, bantuan langsung tunai dana desa untuk Desa Waro diterima oleh 115 kepala keluarga (KK)  dengan masing-masing Rp 600 ribu per bulan yang akan diterima selama tiga bulan periode April, Mei dan Juni 2020.

Hal itu dilakukan sesuai dengan  Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020  dan Surat Edaran Mendes PDTT Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap  Covid-19  dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

“Pencairan BLT-DD tahap satu kepada 115 kepala keluarga dilakukan setelah semua tahapan verifikasi, validasi dan finalisasi data dilakukan. Semua tahapan itu dilakukan berdasarkan petunjuk tekhnis dan regulasi yang berlaku dan ditetapkan melalui musyawarah desa,” katanya.

Mantan pengacara ini berharap agar tidak ada lagi masalah dengan data penerima bantuan karena bagi masyarakat  miskin terdampak Covid-19 juga tercover dalam bantuan lain seperti bantuan PKH, BPNT dan BST dari Kementerian Sosial. Sedangkan bantuan dari pemerintah provinsi dan daearah adalah JPS NTB Gemilang dan JPS Bima Ramah.

“Kami berupaya maksimal memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Semoga bantuan yang diterima bisa dimanfaatkan dengan baik oleh  masyarakat dalam  memberikan pengaman sosial selama  masa pandemi virus corona atau Covid-19,” harapnya.

Kades Waro memastikan dalam penyaluran BLT-DD tetap memperhatikan protokol  kesehatan Covid-19, seperti wajib masker dan menjaga jarak. “Bantuan yang disalurkan adalah pengaman sosial bagi warga miskin selama pandemi Covid-19, jadi dalam penyaluran ini kami tetap menggunakan protokol  kesehatan sebagai upaya  memutus mata rantai penyebaran virus corona,” ujarnya.

Atas penyaluran BLT-DD Desa Waro, Kades juga menyampaikan ucapan terima  kasih  kepada semua pihak yang telah membantu dan bekerja maksimal melakukan verifikasi, validasi dan finalisasi data calon penerima sehingga BLT-DD Desa Waro dapat disalurkan.

“Sebagai kepala desa saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut terlibat, lebih-lebih Tim Gugus Tugas Covid-19 tingkat desa yang telah bekerja maksimal selama ini,” ucapnya. (WR-Al)